Featured Posts

Jumat, 02 April 2021

Makalah BAIK DAN BURU

 

KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah, terpanjatkan rasa syukur kehadirat Allah swt. Yang telah mengangkat manusia dari pada makhluk-makhluk lain, karena adanya akal dan kemulyaan akhlaq serta taqwa-nya. Sholawat serta salam mudah-mudahan selalu terwasilahkan kepada beliau Nabi besar Muhammad saw yang telah diutus oleh Allah untuk membimbing manusia dari jalan yang sesat menuju jalan yang penuh dengan hidayah-nya.

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih  kepada dosen pengampu Bapak MOCH. KHOLIK, S.Pd.I. sehingga kami bisa bealajar dan menyelesaikan makalah ini dengan waktu yang tepat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga sengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin...

                                                                                                            Penulis

 

         Imam Safi’i

 

 

 

 

 

 

 

 


DAFTAR ISI DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR......................................................................................... i

 

DAFTAR ISI........................................................................................................ ii

 

BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1

 

A.   Latar Belakang.............................................................................................. 1

 

B.   Rumusan Masalah......................................................................................... 1

 

C.   Tujuan Penulisan........................................................................................... 1

 

BAB II PEMBAHASAN....................................................................................... 2

 

A.   Pengertian Baik dan Buruk........................................................................... 2

 

B.   Ukuran Baik dan Buruk Menurut Beberapa Aliran...................................... 3

 

C.   Kriteria Perbuatan Baik Menurut Ajaran Islam............................................. 5

 

D.   Akhlak Mahmudah dan Akhlak Madzmumah.............................................. 5

 

BAB III PENUTUP............................................................................................... 8

 

A.   Kesimpulan.................................................................................................... 8

 

B.   Saran.............................................................................................................. 8

 

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... ..9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

 

Dalam ilmu akhlak kita berjumpa dengan istilah-istilah baik dan buruk. Apakah kebiasaan-kebiasaan yang kita perbuat itu baik atau buruk. Setiap perbuatan manusia itu ada yang baik dan ada yang tidak baik atau buruk. Baik dan buruk merupakan dua istilah yang banyak digunakan untuk menentukan suatu perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Pernyataan tersebut dapat dijadikan dasar untuk menilai perbuatan itu baik atau buruk, sehingga dapat dilatar belakangi sesuatu yang mutlak dan relatif. Pernyataan – pernyataan tersebut perlu dicarikan jawaban dan dapat dijadikan rumusan masalah sehingga para pembaca menilai sesuatu itu baik atau buruk memiliki indikator yang pasti. Untuk itu dijadikan pembahasan masalah adalah Bagaimana ukuran menilai baik dan buruk menurut pandangan Islam.

B.     Rumusan Masalah

 

1.      Apa pengertian baik dan buruk?

2.      Apa penentuan baik dan buruk?

3.       Bagaimana ukuran menurut aliran-aliran (madzhab)?

4.       Apa kriteria akhlak mahmudah dan madzmumah?

C.    Tujuan Masalah

 

1.  Untuk Mendeskripsikan pengertian baik dan buruk

2.  Untuk Mendeskripsikan penentuan baik dan buruk

3.  Untuk Mendeskripsikan ukuran menurut aliran-aliran (madzhab)

4.  Untuk Mendeskripsikan kriteria akhlak mahmudah dan madzmumah

 

 

 

 

 

Text Box: 1
 


BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian Baik dan Buruk

 

 Dari segi bahasa baik adalah terjemahan dari kata khair dalam bahasa Arab, atau good dalam bahasa Inggris. Louis Ma‟luf dalam kitabnya, Munjid, mengatakan bahwa yang disebut baik adalah sesuatu yang telah mencapai kesempurnaan. Selanjutnya, baik itu juga sesuatu yang mempunyai nilai kebenaran atau nilai yang diharapkan dan memberikan kepuasan. Sesuatu yang sesuai dengan keinginan juga baik. ( Nata, 2010:104)

Pengertian “baik” menurut Ethik adalah sesuatu yang berharga untuk sesuatu tujuan. Sebaliknya yang tidak berharga, tidak berguna untuk tujuan, apabila merugikan, atau yang menyebabkan tidak tercapainya suatu tujuan adalah “buruk”.(Mustofa, 2014:56). Sedangkan menurut Ensiklopedi Indonesia sesuatu hal dikatakan baik, bila ia mendatangkan rahmat, memberikan perasaan senang atau bahagia. Jadi sesuatu yang dikatakan baik bila ia dihargai secara positif.

Sedangkan buruk dari segi bahasa adalah terjemahan dari syarr dalam bahasa Arab, atau bad bahasa Inggris. Dan diartikan sesuatu yang tidak baik, tidak seperti seharusnya, tak sempurna dalam kualitas, dibawah standar, kurang dalam nilai, keji, jahat, tidak bermoral dan perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma masyarakat yang berlaku. Buruk juga bisa berarti segala yang tercela, lawan baik, pantas, bagus dan sebagainya. Perbuatan buruk berarti perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma masyarakat yang berlaku. Sedangkan menurut Ensiklopedi Indonesia buruk adalah segala yang tercela, lawan baik, pantas, bagus dan sebagainya.

Dari beberapa pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa baik itu adalah sesuatu yang memberikan kesenangan, kepuasan, kenikmatan sesuai dengan yang diharapkan, atau dengan kata lain sesuatu yang dinilai positif.

sedangkan apa yang dinilai tidak baik berarti buruk. nilai baik dan buruk itu relatif dan subyektif, karena tergantung pada individu dalam menilai sesuatu.

 

 

Text Box: 2
 


B.     Text Box: 3Ukuran Baik dan Buruk Menurut Beberapa Aliran

Bila kita hendak mengetahui panjang sesuatu, kita memakai ukuran-ukuran tertentu. Maka dengan ukuran apakah kita dapat mengetahui baik dan buruk?

Mempersoalkan ukuran baik dan buruk pada perbuatan manusia, maka ukurannya selalu dinamis, sulit dipecahkan. Kenyataan yang ada dalam kehidupan, bahwa ada beda pendapat dalam melihat baik dan buruk. Sekarang seseorang melihat suatu hal itu buruk, tapi pada suatu saat dia melihatnya itu baik dan sebaliknya. Menurut Poedjawijatna hal ini terpengaruh oleh pandangan filsafat tentang manusia. Beliau menyebutkan sejumlah pandangan filsafat yang digunakan dalam menilai baik dan buruk, yaitu hedonisme, utilitarianisme, vitalisme, sosialisme, religiosisme, dan humanisme. Sedangkan Asmaran As. Menyebutkan ada empat aliran filsafat yaitu adat kebiasaan, hedonisme, intuisi, dan evolusi.(nata, 2010:107)

1.      Baik dan Buruk Menurut Aliran Adat Istiadat

Dalam segala tempat dan waktu, manusia terpengaruh oleh adat istiadat golongan dan bangsa, karena ia hidup dalam lingkungan mereka. Mereka melakukan perbuatan dan menjauhi perbuatan lainnya, sedangkan kekuatan memberi hukum terhadap sesuatu belum tumbuh begitu rupa, sehingga ia mengikuti kebanyakan perbuatan yang mereka lakukan atau meraka singkiri.(Amin, 1975:87)

Aliran Tradisionalisme, berpendapat bahwa norma “baik” dan “buruk” adalah tradisi atau adat kebiasaan. Tiap suku atau bangsa memiliki adat-istiadat yang diwariskan dari nenek moyangnya, adat-istiadat atau tradisi itu merupakan hukum yang harus diikuti bagi suatu suku atau bangsa. Dipandang baik bagi orang yang mengikutinya dan dipandang buruk bagi orang yang melanggarnya.

2.      Baik dan Buruk Menurut Aliran Hedonisme

Aliran Hedonisme, berpendapat bahwa kebahagiaan merupakan norma baik dan buruk. Sesuatu itu dipandang baik jika mendatangkan kebahagiaan dan perbuatan itu buruk jika mendatangkan penderitaan. Aliran hedonism terbagi menjadi dua :

a.       Kebahagiaan Diri (Egoistic Hedonisme)

Menyatakan bahwa ukuran kebaikan adalah Kelezatan diri pribadi orang yang berbuat. Paham ini mengatakan bahwa tiap orang harus memilih apa yang mendatangkan kebahagiaan bagi dirinya dan berbuat sesuai apa yang dapat mengantarkannya pada tujuannya, perbuatan yang mengantarkan pada tujuan adalah baik. Dan sebaliknya untuk penilaian buruk.

b.      Universalistic Hedonisme

Kebahagiaan adalah kebahagiaan yang bersifat universal. Paham ini menghendaki agar manusia mencari kebahagiaan sebesar-besarnya untuk sesama manusia, bahkan untuk sagala mahluk yang berperasaan. Untuk menilai suatu perbuatan itu baik atau buruk, yang perlu diperhatikan adalah kesenangan dan kepedihan yang diakibatkan dari perbuatan itu. Dalam paham ini yang dimaksudkan adalah akibat yang akan dirasakan oleh seluruh mahluk atau universal.

3.      Text Box: 4Baik dan Buruk Menurut Paham Intuisisme

Berpendapat bahwa pengetahuan baik dan buruk adalah intuisi. Intuisi adalah kekuatan batin yang dapat mengenal sesuatu yang baik dan buruk dengan sekilas pandang tanpa melihat manfaat dan akibat yang ditimbulkan.(Hidayat,2013:2013:41) Paham ini berpendapat bahwa setiap manusia memiliki kekuatan batin sebagai suatu instrument yang dapat membedakan baik atau buruknya suatu perbuatan. Intuisi ini semacam ilham yang memberi tahu nilai perbuatan itu lalu menetapkan hukum baik buruknya sebagaimana kita diberi mata dan telingan, dengan sekilas melihat dapat menetapkan putih atau hitamnnya sesuatu, dengan hanya mendengar sekilas kita dapat menyatakan suara itu merdu atau tidak. Demikian pula kita diberi intuisi, apabila kita melihat suatu perbuatan dapan menyatakan baik atau buruknya.

4.      Baik dan Buruk Menurut Paham Utilitarianisme

 Utilis berarti berguna. Paham ini berpendapat bahwa yang baik ialah yang berguna. Paham ini mendapat perhatian di zaman sekarang. Paham ini menjelaskan arti kegunaan tidak hanya berhubungan dengan materi, melainkan melalui sifat rohani yang bisa diterima akal

5.      Baik dan Buruk Menurut Paham Vitalisme

 Berpendapat bahwa yang baik ialah yang mencerminkan kekuatan dalam hidup manusia. Dalam masyarakat modern dimana masyarakatnya sudah maju, paham ini tidak akan mendapatkan tempat lagi, kemudian beralih dengan sifat demokratis.

6.      Baik dan Buruk Menurut Paham Religiosisme

Yang baik menurut paham ini adalah perbuatan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Sedangkan perbuatan buruk adalah sikap atau perbuatan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.(Hidayat,2013:2013:41)

7.      Baik dan Buruk Menurut Paham Evolusi

Berpendapat bahwa segala sesuatu yang ada dialam ini akan mengalami evolusi. Ketentuan alam berarti bahwa alam ini menyaring segala yang wujud, mana yang pantas untuk hidup terus dan mana yang tidak. Perjuangan hidup berarti suatu usaha dalam mempertahankan hidupnya dengan melawan segala yang menjadi musuhnya. Dan kekal bagi yang lebih pantas yaitu segala sesuatu yang berhak hidup setelah mengalami perjuangan-perjuangan dalam berkompetisi dengan jenis-jenis lainnya.

C.     Text Box: 5Kriteria Perbuatan Baik Menurut Ajaran Islam

   Ajaran Islam adalah ajaran yang bersumberkan wahyu Allah SWT. Al Qur’an yang dalam penjabarannya dilakukan oleh hadits Nabi Muhammad SAW. Menurut ajaran Islam penentuan baik dan buruk harus didasarkan pada petunjuk Al Qur‟an dan Al Hadits. Jika kita memperhatikan Al Qur‟an dan Al Hadits dapat dijumpai berbagai istilah yang mengacu pada yang baik dan ada pula yang mengacu pada yang buruk. Misal kita jumpai pada Qs An Nahl ayat 125:

äí÷Š$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7­/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/ ¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y ( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ  

Artinya serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Hikmah: ialah Perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.

Baik menunjukkan sesuatu yang disukai atau dipandang baik. Juga menunjukkan sesuatu yang baik oleh seluruh umat manusia, seperti: berakal, adil, keutamaan dan semua yang bermanfaat bagi manusia. Baik juga menunjukkan upaya memperluas atau memperbanyak melakukan perbuatan baik. (Hidayat,2013:2013:48)

Dari ketentuan ini, dapat diambil kesimpulan bahwa baik dan buruk dalam islam tidak hanya ditentukan oleh amal perbuatan nyata saja, melainkan lebih dari itu yaitu niat yang ikhlas.(Hidayat,2013:2013:48)  Untuk menentukan baik dan buruk, islam memperhatikan kriteria lainnya, yakni bagaimana prose perbuatan tersebut.

D.     Akhlak Mahmudah dan Akhlak Madzmumah

  Ada dua penggolongan akhlak secara garis besar, yaitu: akhlak mahmudah (fadhilah) dan akhlak madzmumah (qabihah). Akhlak mahmudah adalah segala macam sikap dan tingkah laku yang baik (yang terpuji), sebaliknya segala macam sikap dan tingkah laku yang tercela disebut dengan akhlak madzmumah. Imam Al Ghozali menggunakan istilah “munjiyat” untuk akhlak mahmudah dan “muhlihat” untuk yang madzmumah.(Mustofa, 2014:197) Di kalangan ahli tasawuf, kita mengenal sistem pembinaan mental dengan istilah: takhalli, tahalli, dan tajalli.

Text Box: 6Takhalli adalah mengosongkan atau membersihkan jiwa dari sifat-sifat tercela, karena sifat-sifat tercela itulah yang dapat mengotori jiwa manusia. Dan tahalli adalah mengisi jiwa (yang telah kosong dari sifat tercela) dengan sifat-sifat terpuji (mahmudah). Dan pada tingkatan selanjutnya, setelah jiwa yang kosong ini berisi dengan sifat-sifat terpuji, hingga akhirnya sampailah pada tajalli, yakni tersingkapnya tabir sehingga diperoleh pancara Nur Ilahi.

Adapun akhlak mahmudah sebagaiman yang dikemukakan oleh para ahli akhlak, antara lain: 1) Amanah (dapat dipercaya), 2) benar, jujur, 3) adil, 4) pemaaf, 5) Al-Alifah (disenangi), 6) Al-wafa‟ menepati janji, 7) Al-Ifafah (memelihara diri), 8) Al-Haya (malu), 9) As-Syaja‟ah (berani), 10) Al-Quwwah (kuat), 11) As-Sabru (Sabar), 12) Ar-Rohmah (kasih saying), 13) As-Sakha‟u (murah hati), 14) At-Ta‟awun (menolong), 15) Al-Islah (damai), 16) Al-Ikha‟ (persaudaraan), 17) Al-Iqtisod (hemat), 18) silaturrohim (tali persaudaraan), 19) Ad-Diyafah (menghormati tamu), 20) At-Tawadlu‟, 21) Al-Ihsan, 22) Al-Khusyu (menundukkan diri), 23) Al-Muru‟ah (berbudi luhur), 24) An-Nadhofah, 25) As-Salihah (cenderung kepada kebaikan), 26) Al-Qanaah (cukup dengan apa yang ada), 27) As-sakinah (tenang), 28) Ar-rifqu (lemah lembut), 29) Anisatun (bermuka manis), 30) Al-khoir (baik), 31) Al-hilmu (menahan diri dari maksiat), 32) At-tadarru‟ (merendahkan diri kepada Allah), 33) „Izzatun Nafsi (berjiwa kuat).

Yang termasuk akhlak madzmumah antara lain: 1) Ananiah (egoistis), 2) Al-Bagyu (lacur), 3) kikir, 4) al-buhtan (dusta), 5) Al-Hamru (peminum khamr), 6)            Al-khianat, 7) Az-zulmu (aniaya), 8) Al-jubnu (pengecut), 9) Al-fawahish (dosa besar), 10) Al-Ghaddab (pemarah), 11) Al-ghasyu (curang), 12) Al-gibah ( mengumpat), 13) An-namimah (adu domba), 14) Al-guyur (menipu daya), 15) Al-hasd (dengki), 16) Al-istikbar (sombong), 17) Al-kufr (ingkar nikmat), 18) Al-liwat (homosex), 19) Ar-riya‟ (ingin dipuji), 20) As-sum‟ah (ingin didengar kelebihannya), 21) Ar-riba (makan riba), 22) As-sikhiriyah (berolok-olok), 23) As-sirqoh (mencuri), 24) As-Syahwat (mengikuti hawa nafsu), 25) At-tabzir (boros), 26) Al-ajalah (tergopoh-gopoh), 27) Qatlun Nafsi (membunuh), 28) Ak-makru (penipuan), 29) Al-kadzbu (bohong), 30) Al-isrof (berlebih-lebihan), 31) Al-ifsad (merusak), 32) Al-hiqdu (dendam), 33)       Al-gina (merasa tidak perlu pada yang lain). Dan lain sebagainya yang menunjukkan pada sifat-sifat tercela.(Mustofa, 2014:197)

Text Box: 7 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB III

PENUTUP

 

A. Kesimpulan

 

Pengertian baik dan buruk : sesuatu yang disebut baik atau buruk itu relatif sekali, karena bergantung pada pandangan dan penilaian masing-masing yang merumuskannya dan pengertian ini bersifat subjektif, karena bergantung pada individu yang menilainya.

Beberapa aliran-aliran filsafat yang mempengaruhi dalam penentuan baik dan buruk diantaranya: 1) Baik buruk menurut Aliran Adat istiadat; 2) baik buruk menurut Aliran Hedonisme; 3) Baik buruk menurut Paham Intuitionisme; 4) Baik buruk menurut Paham Utilitarianisme; 5) Baik dan Buruk Menurut Paham Vitalisme; 6) Baik dan Buruk Menurut Paham Religiosisme; 7) Baik dan Buruk Menurut Paham Evolusi.

 

Adapun baik dan buruk dalam islam tidak hanya ditentukan oleh amal perbuatan nyata saja, melainkan lebih dari itu yaitu niat yang ikhlas. Untuk menentukan baik dan buruk, islam memperhatikan kriteria lainnya, yakni bagaimana prose perbuatan tersebut. Perbuatan yang baik dalam islam dikenal dengan istilah “akhlakul mahmudah” sedang yang buruk dikenal dengal „akhlakul madzmumah”.

B.  Saran

Setelah memahami arti baik dan buruk suatu perbuatan, hendaknya kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWt yang paling sempurna senantia berperilaku baik dan meninggalkan segala perilaku buruk. Dengan harapan amaliyah kita yang baik senantiasa diterima oleh Allah SWT dan mendapat balasan surga.

 

 

 

 

Text Box: 8
 


DAFTAR PUSTAKA

 

 

Amin, Ahmad. 1975. Etika (Ilmu Akhlak) Terjemah KH. Miftah Farid, Jakarta : Bulan Bintang

Hidayat, Nur. 2013. Akhlak Tasawuf, Yogyakarta : Penerbit Ombak Dua (Anggota IKAPI).

Mustofa, A. 2014. Akhlak Tasawuf, Bandung : Pustaka Setia

Nata, Abuddin. 2010. Akhlak Tasawuf, Jakarta : PT. Rajawali Press.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Text Box: 9
Text Box: 9
 

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com